Belajar Daring dilakukan di Rumah

Kegiatan Belajar Daring yang bisa dilakukan di Rumah. COVID-19 telah menjadi pademi, sehingga pemerintah di bebagai negara telah menerapkan lockdown atau karantina. Pengertian karantina menurut UU Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan adalah pembatasan kegiatan dan/atau pemisahan seseorang yang terpapar penyakit menular sebagaimana ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan meskipun belum menunjukkan gejala apapun untuk mencegah kemungkinan penyebaran ke orang di sekitarnya (UU No 6 tahun 2018).

Pemerintah Indonesia telah menghimbau warga untuk tetap di dalam rumah dan mengisolasi diri. Salah satunya Pemerintah Indonesia menerapkan aturan PSBB yang merupakan singkatan dari Pembatasan Sosial Berskala Besar yang dibuat dalam rangka Penanganan COVID-19. Hal ini dilakukan dengan harapan virus tidak menyebar lebih luas dan upaya penyembuhan dapat berjalan maksimal. Dalam usaha pembatasan sosial ini pemerintah Indonesia juga telah membatasi kegiatan diluar rumah seperti kegiatan pendidikan yang telah dilakukan melalui pembelajaran online.

belajar daring - kurcaci pendidian

Pembelajaran daring dilakukan dengan memanfaatkan teknologi khususnya internet. Pembelajaran daring dilakukan dengan sistem belajar jarak jauh, dimana Kegiatan Belajar dan Mengajar (KBM) tidak dilakukan secara tatap muka. Pembelajaran dilakukan dengan menggunakan media, baik media cetak (modul) maupun non cetak (audio/video), komputer/internet, siaran radio dan televisi.

Pengertian Belajar Daring

belajar daring - kurcaci pendidian

Istilah pembelajaran daring dan luring muncul sebagai salah satu bentuk pola pembelajaran di era teknologi informasi seperti sekarang ini. Daring merupakan singkatan dari “dalam jaringan” sebagai pengganti kata online yang sering kita gunakan dalam kaitannya dengan teknologi internet. Daring adalah terjemahan dari istilah online yang bermakna tersambung ke dalam jaringan internet. Pembelajaran daring artinya adalah pembelajaran yang dilakukan secara online, menggunakan aplikasi pembelajaran maupun jejaring sosial. Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang dilakukan tanpa melakukan tatap muka, tetapi melalui platform yang telah tersedia. Segala bentuk materi pelajaran didistribusikan secara online, komunikasi juga dilakukan secara online, dan tes juga dilaksanakan secara online. Sistem pembelajaran melalui daring ini dibantu dengan beberapa aplikasi, seperti Google Classroom, Google Meet, Edmudo dan Zoom. (wikipedia)

Persyaratan Kondisi Pembelajaran Daring

pembelajaran daring - kurcaci pendidian
  1. Di bawah pengendalian langsung dari alat yang lainnya.
  2. Di bawah pengendalian langsung dari sebuah sistem.
  3. Tersedia untuk penggunaan segera atau real time.
  4. Tersambung pada suatu sistem dalam pengoperasiannya,
  5. Bersifat fungsional dan siap melayani

Kegiatan pembelajaran daring yang akan dilaksanakan anak – anak dalam tema air, udara, api dengan sub tema air dengan tujuan pembelajaran sebagai berikut :

  1. Anak dapat mengetahui proses air mendidih
  2. Anak dapat mengenal simbol huruf a, i, r, dengan media bahan alam
  3. Anak dapat mengungkapkan proses terjadinya air mendidih
  4. Anak dapat menghitung benda
  5. Anak dapat mengetahui kegunaan air melalui nyanyian
  6. Anak dapat bersyukur Tuhan menciptakan air

Berdasarkan tujuan pembelajaran di atas kegiatan yang dilaksanakan ada 5 kegiatan pembelajaran secara daring yaitu :

  1. Menulis kata air dengan media kerikil
  2. 2Menghitung jumlah kerikil yang dipakai untuk menulis “air”
  3. Memasak air dan mengamati saat air mulai mendidih
  4. Membuat minuman dengan air hangat (susu/teh)
  5. Menyanyi lagu “air mengalir”

Dengan belajar daring yang menggunakan benda di sekitar rumah serta aktifitas keseharian di rumah serta memaknainya diharapkan tujuan pembelajaran dapat dicapai secara maksimal dengan pantauan guru secara daring serta komunikasi aktif antara guru dan orang tua.

Diharapkan guru dan orang tua memberikan keleluasaan pada anak untuk lebih kreatif dalam belajar dan mengenal alam sekelilingnya serta penerapaanya dengan belajar bermakna (meaningfull learning). Kebermaknaan belajar sebagai hasil dari peristiwa mengajar ditandai oleh terjadinya hubungan antara aspek aspek, konsep-konsep, informasi atau situasi baru dengan komponen komponen yang relevan di dalam struktur kognitif anak.

Proses belajar tidak sekadar menghafal konsep-konsep atau fakta-fakta belaka, tetapi merupakan kegiatan menghubungkan konsep-konsep untuk menghasilkan pemahaman yang utuh, sehingga konsep yang dipelajari akan dipahami secara baik dan tidak mudah dilupakan.

Satu pemikiran pada “Belajar Daring dilakukan di Rumah”

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: